Skip to main content

Samara

Percayakah kamu kalau Tuhan dapat bekerja dengan cara yang sangat istimewa?

Semuanya diawali ketika saya berulang tahun ke-27 bulan April lalu. Buat saya saat itu, beranjak ke umur 27 tahun merupakan sesuatu yang...menakutkan. Saya merasa belum banyak mencapai sesuatu yang besar dalam hidup, padahal sebenarnya keinginan banyak sekali. 27 tahun. Teman-teman seumuran saya sudah banyak yang memiliki penghasilan besar, karir yang mapan, bahkan keluarga kecil dengan pasangan mereka. Ketika saya melihat semua itu dan melihat diri sendiri, saya mulai bertanya pada diri sendiri, "Lo ngapain aja, sih, selama ini? Kerjaan gini-gini aja, penghasilan macam fresh graduate, belum mandiri sepenuhnya pula." Pikiran-pikiran seperti itu terus menghantui dan berhasil membuat ulang tahun saya menjadi hari paling menyedihkan seumur hidup saya.

Sepanjang hari itu saya menghabiskan waktu bersama keluarga dan semua terlihat menyenangkan. Terlihat. Sesampainya di rumah, saya langsung masuk ke kamar dan menangis sejadi-jadinya.Yang saya rasa cuma segala tekanan yang ada di pikiran saya itu akhirnya keluar dalam bentuk tangisan. Setelah puas menangis dan bercerita kepada sahabat saya, saya langsung tidur dan hari itu berlalu begitu saja.

Lalu beberapa minggu kemudian, berangkatlah saya ke Kalimantan Barat dengan rombongan pelayanan bersama teman-teman persekutuan kecil. Di sana kami akan tinggal di Desa Air Durian, Kecamatan Air Upas. Ini pertama kalinya saya ikut dalam rombongan pelayanan dan saya enggak tahu seperti apa medan yang akan saya hadapi. Dari awal ibu saya sudah mewanti-wanti kalau saya harus siap untuk kondisi yang terburuk. Ia bercerita kalau ia pernah dapat tempat pelayanan yang fasilitas airnya sulit dan sekalinya ada air, warna airnya kuning. Perlu kalian tahu, saya ini sosok yang manja dan gampang merasa jijik. Bahkan saya pernah beres-beres kamar kostan teman yang berantakan karena saya takut enggak bisa duduk dengan tenang.

Singkat cerita saya sampai di Desa Air Durian ini pukul setengah tujuh malam setelah menempuh perjalanan dengan pesawat selama 4 jam (Jakarta - Pangkalabuun) dan 6 jam perjalanan dari Pangkalanbuun sampai Air Durian dengan mobil travel. Jalanan yang ditempuh juga bukan jalanan aspal yang mulus, tetapi jalanan tanah yang becek dan rusak, lengkap dengan lubang yang besar-besar. Belum lagi kami harus melewati kebun kelapa sawit yang tiada ujungnya. Rasa lelah, bosan, dan kantuk semuanya jadi satu. Mau tidur pun tidak akan bisa, karena ketika hampir lelap, tiba-tiba mobil harus menghajar jalanan berlubang itu dengan ganasnya.

Pemandangan sepanjang Pangkalanbuun,
sebelum masuk ke kebun kelapa sawit.

Jalanan yang tidak pernah mulus, selalu berlubang.

Karena sudah malam, ketika sampai di rumah yang akan kami huni selama seminggu, saya belum bisa mereka seperti apa suasana desa yang saya tinggali ini. Yang saya tahu pasti adalah di sana babi itu dipelihara layaknya anjing atau kucing di Jakarta. Mereka dibiarkan lepas di jalanan dan bisa dengan patuh akan kembali ke kandang kalau dipanggil. Aneh.

Untuk pengalaman pelayanan pertama saya dengan tim pelayanan ini, saya akan ceritakan di tulisan berikutnya. Singkat cerita saya mengalami banyak perubahan sikap setelah ikut ke Kalimantan. Salah satu pengalaman yang saya enggak bisa lupa di sana adalah ketika saya enggak dapat sinyal selama 6 hari. Tetapi hal tersebut bukannya membuat saya merana, melainkan saya merasakan kebebasan yang sesungguhnya. Buat saya yang setiap hari rajin update berita dan posting ini itu di media sosial, harusnya saya merasa ketinggalan, tapi enggak juga. Justru saya jadi merasa bisa sepenuhnya fokus dengan kegiatan pelayanan ini. Kalau bingung enggak tahu mau ngapain lagi, saya ambil sikap doa saja. I tried to build more connection to Him. Hal tersebut enggak sia-sia, sih. Saya mulai sadar ketika saya mencoba membuka hati dan telinga untuk mendengar lebih, jawaban akan kegusaran hati pasti sayup-sayup mulai terdengar.

Sepulang dari Kalimantan, saya kembali mengingat pergumulan saya dan mulai merenung. "Apa yang salah dengan saya?" Saya teringat dengan orang-orang di Air Upas yang bisa dibilang hidupnya sederhana dan apa-apa terbatas, tetapi mereka bahagia. Mereka enggak bisa merasakan kecanggihan teknologi seperti saya, tetapi mereka baik-baik saja. Lalu terpikir satu hal tentang bersyukur. Ketika saya merasa hidup saya kurang ini dan itu, saya lupa kalau Tuhan Yesus sudah memberikan banyak hal dalam hidup saya; keluarga yang selalu ada, sahabat yang siap mendengarkan, pekerjaan yang tidak banyak menuntut waktu pribadi saya, dan masih banyak lagi. Saya pun berpikir tentang rencana sekolah memasak ke Perancis yang awalnya saya rancang, jangan-jangan itu salah satu bentuk pelarian saya akan ketidakpuasan dengan keadaan saya yang sekarang. Bukannya berusaha memperbaiki, malah ingin kabur. Membuka lembaran baru ternyata tidak semudah itu.

Justru lembaran baru itu mulai terbuka ketika saya sadar saya harus menyerahkan semuanya kembali ke Tuhan Yesus. Balik lagi ke ucapan "manusia boleh berencana, tapi biarlah rencana Tuhan juga yang terjadi." Saya juga punya keyakinan kalau di dalam Tuhan tidak ada rancangan kecelakaan, sehingga apapun masalah yang saya hadapi pasti ada buahnya dan buahnya pasti indah. Enggak mudah menyerahkan mimpi dan keinginan yang kita punya, apalagi harus berlapang dada kalau sekiranya itu tidak akan terwujud. Ada rasa takut untuk melepaskan keinginan daging, tapi saya pikir ada hal lain yang lebih penting untuk dijalani. Kembali lagi ke masalah prestasi hidup di umur 27 tahun, sekarang saya bisa bilang, "Terserah Tuhan Yesus saja saya mau ditaruh di mana. Perancis, Jakarta, atau pedalaman sekali pun, terserah. Yang penting, apa pun yang saya lakukan nanti, berguna buat Engkau, Bapa."

Tuhan Yesus memberkati kita semua. :)

Comments

Popular posts from this blog

Kamu Kan Perempuan, Seharusnya Kamu....

Pernah mendengar seseorang mengucapkan kalimat seperti itu di depanmu? Saya, sih, sering. Mulai dikomentari dari segi penampilan dan keahlian, tapi juga dari pilihan musik dan masih banyak lagi.

Banyak perempuan di luar sana yang mengeluh merasa didikte oleh laki-laki dengan kalimat ini, tapi entah mengapa saya merasa kalimat ini dilontarkan lebih banyak oleh sesama perempuan. Hal ini menjadi miris buat saya. Bukannya saling memberi dukungan, terkadang sesama perempuan justru saling menghakimi.

Penghakiman itu biasanya dimulai dengan kalimat,

"Kamu kan perempuan, seharusnya kamu..."

1. "...berpakaian rapi." Saya termasuk perempuan yang suka berpenampilan rapi, tapi kadang juga suka mengikuti mood. Jadi ketika saya ingin tampil rapi, saya bisa saja mengenakan rok span, blouse, serta clog shoes ke kantor. Namun kalau sedang ingin tampil kasual dan malas tampil rapi, saya biasanya memakai kaos, jeans, dan sneakers.

Suatu hari saya pernah berpenampiln cuek seperti ini …

Bullying

Kalian tahu yang namanya bullying? Atau malah pernah merasakan bullying? Bullying adalah tindakan dimana satu pihak menindas atau mengintimidasi pihak yang lain, oleh yang powerful terhadap yang powerless. Masa-masa bullying biasanya dialami ketika kita sekolah. Saya punya cerita sendiri tentang bullying ini. It was started in junior high school...

Mungkin masa-masa SD atau sekolah dasar merupakan masa yang paling blur buat sata, tapi bukan berarti tidak menyenangkan. Saya menjalani sekolah dasar di sekolah katolik. Sadar gak sih kalau waktu SD kita sama sekali gak peduli dengan yang namanya senioritas? Kayaknya kenal dengan kata itu saja tidak. Dulu sih yang saya pedulikan hanya bagaimana caranya hari itu main-main seru bareng teman sekelas. Kalaupun ada konflik, paling masalah sepele dengan teman sekelas atau teman seangkatan tapi beda kelas atau teman satu jemputan. Sempit ya? Saya gak tau ini hanya terjadi sama saya saja atau kebanyakan orang merasakan hal yang sama. Saya, atau ki…

19 tahun jomblo. pahitkah?

Lo tau rasanya 19 menjomblo alias udah jomblo sejak lahir? Gue tau, karena yang gue maksud adalah kejombloan gue selama 19 tauun. Rasanya? Jangan ditanya. Maknyus! Gue sih gak menyesali kesendirian ini, boleh dibilang ini juga anugerah. *anugerah pala lu, peyang!* Enggak, gue enggak marah sama Tuhan. Tapi, emang dasar manusia, mana pernah puas dengan segala keadaan yang ada. Mungkin ini merupakan kesempatan yang dikasih sama Tuhan agar gue konsentrasi dulu ke sekolah, konsentrasi nabung buat kuliah di states. Mungkin ini juga merupakan hukuman karena gue sering sekali bermain api dengan laki orang. Bukan jadi orang ketiga sih, hanya sering para lelaki itu jadi lebih manja sama gue daripada sama bininya. Heehhe, dosakah? *iya, dosa...* Trus, gue juga kemaren baru dapet hikmah dari Tuhan. Kemaren kan gue, mothy, mika, stanny, sama mafel lagi makan nasi goreng deket gereja. Trus, terjadilah percakapan seperti ini.

Stanny : kak, ngobrol apa aja sama christian tadi?
Gue : dia kesian ngeliat …