Skip to main content

Kuliah Kerja Nya(n)ta(i).. :D

1. Pakaian yg dibawa,kaos kemeja jeans celana pendek. Kemeja seenggaknya 1 buat kalo yang punya program ngajar. Ga usah banyak2, secukupnya aja. Jangan kaya saya yang bawa baju seabreg-abreg. Kepake sih, cuma jadinya berat.

2. Buat yg cewe2, jangan bawa baju yang seksi2, nanti digodain sama warga yang centil-centil. Kecuali kalo emang tujuannya nyari jodoh. :D

3. Bagi yang tinggalnya satu kelompok serumah, apalagi buat cewek, iya..cowok emang jorok. Tapi kalian juga gak akan kalah males nantinya.. Percayalah bahwa virus malas itu menular.

4. oh iya, musti sabar-sabar ya kalo ada temen sekelompoknya ada yg manja, bossy, grumpy, nyinyir, pemales.. Sabar.

5. Bawa selimut kasur sama bantal sendiri kalo bisa dan mau. Lebih nyaman punya sendiri, jadi gak rebutan..trus jadi gak jijik-an.

6. Bawa kartu remi atau UNO. Bakal banyak waktu buat blah-bloh. Jadi...hiburannya ya main kartu.

7. Yang punya modem, BAWA! You'll need it..seriously. Atau yg laptopnya berisi game, bawa aja. You'll need it.

8. selama KKN jangan kira kamu bakal banyak kerja. NO. Kamu bakal jadi pengangguran sebulan. Tapi kalo tidur-tiduran bukan nganggur, tanda kamu akan sibuk selama KKN.

9. JANGAN CINLOK.. Haah, itu cuma perasaan selama sebulan. Yang punya pacar, inget pasangan. Yg jomblo, jangan, nanti nyesel. Sebenernya juga bukan JANGAN, tapi lebih baik tidak cinlok. Kenapa? Logikanya gini, sebulan bareng, you know no one but only them. Jadi kalo kalo cinlok, bukannya karena memang kamu gak ada pilihan ya?

10. Don't do anything stupid. I mean, stupid in every way.. Jangan bikin KKN yg menyenangkan jadi bencana. Having and doing something fun, yes, but don't OVER do it.

11. Buat yangg sekarang ngeluh-ngeluh karena mau KKN, hah, bakal ngerasaain betapa beruntungnya ada KKN.. Punya temen baru, pengalaman baru, senang!

12. Selama KKN, berbaurlah. Jangan bikin genggong sendiri. Gak enak kalo serumah ada gap..sebulan loh bok tinggal bareng.

13. Gak usah bikin proker yang lebay. Ikutin aja kata DPL-nya, dijamin "A"..gak usah sibuk-sibuk kerja kalo gak diminta. Laluuu.. jangan pernah mau ngeluarin uang kalo warga desa minta duit buat pembangunan ini itu. Bukan tugas kita, kita ngasihnya jasa bukan materi.

14. Girls, do not talk to the stranger if it's not necessary. Ramah boleh,asal gak berlebihan.Sekedar nyapa2-nyapa warga aja boleh lah.

15. Pernah denger dari pengalaman orang, sering-seringlah main ke rumah tetangga (warga), siapa tau dapet gorengan gratisss.

16. Udah pada bagi-bagi tugas belom siapa jadi apa disana, selain kordes? Bendahara sekretaris dll? Perlu sih biar gak ribet. Soalnya perlu banget ada yang tanggung jawab soal surat menyurat ke kantor desa. Terus, perlu ada yang tanggung jawab pegang uang kas dan makan.

17. Bagi-bagi tugas piket geura buat beberes rumah, biar ga itu-itu aja yg kerja.. Imbang gitu kan kerjanya :3

18. Satu rumah cuma satu kamar mandi? Siap-siap bangun subuh atau nunggu semua kelar mandi. Atauuu, numpang mandi ke masjid terdekat!

19. Jangan kebanyakan ngeluh soal fasilitas. Makanan krg ini, rumah krg itu, temen-temennya begini-begitu.. Bukan saatnya manja, kakaaaak. Orang lain bisa risih sama tingkah laku kayak begini. nikmatin aja, sekali-sekali hidup dalam keterbatasan itu ada seninya.

20. Buat wece-wece centiiiiil, bawa cermin sendiri bisa jadi pilihan yg baik demi menghindari rebutan cermin abis mandi. Gak enak kan musti ngantri dulu buat dandan. ha!

21. Entah kenapa pengen nulis gini. "Bawa daleman yang banyak.." :D Siapa tau hasrat malas mencuci dalemannya kumat.

22. Jangan pernah kemana-mana sendirian.. Ya, karena.. (Ini sih pesan orang tua saya..haha)

23. Isi terus "buku harian" yang dikasih sama LPPM..suatu saat diperiksa sama mereka. "Pentiiiing" bgt. Sekalian ngisi waktu luang kamu yang banyak itu.

24. Bagi yang abis dikunjungi pacar, orang tua, atau temannya ke tempat kkn, jangan lupa bagi-bagi berkat (read: makanan) ya .

25. Peraturan tidak tertulis: bawa oleh2 bagi setiap org yg balik ke kostan atau rumah. Pesta buat yang di kontrakan! :D

26. Oh iyaaaa! Manfaatkan kesempatan balik 3 hari sebaik-baiknya! Jangan cuma gara-gara homesick trus balik -_- use it wisely. Tapi semua tergantung kebijakan kelompok. Beruntung kalo kelompoknya yang woles mau balik sesering apa juga boleh, tapi kalo dapet yang "stick to the rules", ya selamat! :D

27. Kordes itu gak harus diturutin. Dia itu nampung aspirasi, jembatan kelompok kita ke kantor desa. Jangan mau jadi boneka kordes.. *upsss*

28. Minggu ke-1: homesick, minggu ke-2: mulai deket dan tau sifat masing-masing, minggu ke-3: tambah akrab, tapi mulain agak bosen sama ke-magabut-an yang ada, minggu ke4: GA MAU PULANG!!

29. Bantal guling kasur akan jadi sahabat kamu selama sebulan. Kalian akan memiliki hubungan yang saaaaangat intim selama KKN ini dengan barang-barang tersebut.

yang terakhir...

30. Buat KPOPERS, saatnya menyebarkan virus2 KPOP di kontrakaaaan! Buahahaa! *plaaaak!*



Sejauh ini, itu hal-hal yang bisa saya sarankan (bukan saya suruh) buat kalian yang akan segera KKN atau yang nantinya akan KKN. Nikmati momen-momen yang ada, jangan cuma ngeliat gak enaknya aja, karena nanti jadi gak nikmat. Jangan jadi teman KKN yang menyebalkan. Jangan lupa tetap waspada aja, kalian ada di tempat orang lain, jangan terlena dengan keramahan lingkungan setempat. Last but not least, SELAMAT KKN and DO HAVE FUN!!! :D

Comments

yg nomer 18 aku banget! :))

Popular posts from this blog

Kamu Kan Perempuan, Seharusnya Kamu....

Pernah mendengar seseorang mengucapkan kalimat seperti itu di depanmu? Saya, sih, sering. Mulai dikomentari dari segi penampilan dan keahlian, tapi juga dari pilihan musik dan masih banyak lagi.

Banyak perempuan di luar sana yang mengeluh merasa didikte oleh laki-laki dengan kalimat ini, tapi entah mengapa saya merasa kalimat ini dilontarkan lebih banyak oleh sesama perempuan. Hal ini menjadi miris buat saya. Bukannya saling memberi dukungan, terkadang sesama perempuan justru saling menghakimi.

Penghakiman itu biasanya dimulai dengan kalimat,

"Kamu kan perempuan, seharusnya kamu..."

1. "...berpakaian rapi." Saya termasuk perempuan yang suka berpenampilan rapi, tapi kadang juga suka mengikuti mood. Jadi ketika saya ingin tampil rapi, saya bisa saja mengenakan rok span, blouse, serta clog shoes ke kantor. Namun kalau sedang ingin tampil kasual dan malas tampil rapi, saya biasanya memakai kaos, jeans, dan sneakers.

Suatu hari saya pernah berpenampiln cuek seperti ini …

Bullying

Kalian tahu yang namanya bullying? Atau malah pernah merasakan bullying? Bullying adalah tindakan dimana satu pihak menindas atau mengintimidasi pihak yang lain, oleh yang powerful terhadap yang powerless. Masa-masa bullying biasanya dialami ketika kita sekolah. Saya punya cerita sendiri tentang bullying ini. It was started in junior high school...

Mungkin masa-masa SD atau sekolah dasar merupakan masa yang paling blur buat sata, tapi bukan berarti tidak menyenangkan. Saya menjalani sekolah dasar di sekolah katolik. Sadar gak sih kalau waktu SD kita sama sekali gak peduli dengan yang namanya senioritas? Kayaknya kenal dengan kata itu saja tidak. Dulu sih yang saya pedulikan hanya bagaimana caranya hari itu main-main seru bareng teman sekelas. Kalaupun ada konflik, paling masalah sepele dengan teman sekelas atau teman seangkatan tapi beda kelas atau teman satu jemputan. Sempit ya? Saya gak tau ini hanya terjadi sama saya saja atau kebanyakan orang merasakan hal yang sama. Saya, atau ki…

19 tahun jomblo. pahitkah?

Lo tau rasanya 19 menjomblo alias udah jomblo sejak lahir? Gue tau, karena yang gue maksud adalah kejombloan gue selama 19 tauun. Rasanya? Jangan ditanya. Maknyus! Gue sih gak menyesali kesendirian ini, boleh dibilang ini juga anugerah. *anugerah pala lu, peyang!* Enggak, gue enggak marah sama Tuhan. Tapi, emang dasar manusia, mana pernah puas dengan segala keadaan yang ada. Mungkin ini merupakan kesempatan yang dikasih sama Tuhan agar gue konsentrasi dulu ke sekolah, konsentrasi nabung buat kuliah di states. Mungkin ini juga merupakan hukuman karena gue sering sekali bermain api dengan laki orang. Bukan jadi orang ketiga sih, hanya sering para lelaki itu jadi lebih manja sama gue daripada sama bininya. Heehhe, dosakah? *iya, dosa...* Trus, gue juga kemaren baru dapet hikmah dari Tuhan. Kemaren kan gue, mothy, mika, stanny, sama mafel lagi makan nasi goreng deket gereja. Trus, terjadilah percakapan seperti ini.

Stanny : kak, ngobrol apa aja sama christian tadi?
Gue : dia kesian ngeliat …